Komit Tingkatkan Layanan Informasi Publik, Diskominfo Rohul Ikuti Bimtek Penguatan PPID

Doposting Oleh : Admin Web | Tanggal Posting :02 Juli 2019 | Dudah Dilihat : 48 Kali Dilihat

Seiring dengan perkembangan era reformasi dan era keterbukaan informasi publik, peran Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) semakin strategis dalam melaksanakan Pelayanan informasi Publik.

Terutama dalam memberikan layanan menyebarluaskan informasi tentang kebijakan hingga program-program kerja lembaganya kepada semua elemen masyarakat dalam mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang transparan, efektif, efisien dan akuntabel.

Untuk itu, PPID Diskominfo Rohul komitmen meningkatkan Layanan Informasi Publik, apalagi diakhir tahun lalu, Jum’at (21/12/2018) PPID Diskominfo Rohul berhasil meraih Juara III dalam kategori Kabupaten/Kota Keterbukaan Informasi Publik. Dengan harapan PPID Diskominfo Rohul bisa lebih meningkatkan prestasi kedepannya.

Untuk meningkatkan layanan Informasi Publik itu, pada Kamis (21/3/2019), Diskominfo Rohul mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan (PPID) se- Provinsi Riau tentang Peningkatan Layanan Informasi Publik yang proaktif berbasis elektronik, yang dihadiri oleh seluruh PPID Kab/Kota, terkhusus PPID Utama Rohul yaitu Diskominfo Rokan Hulu, di The Zuri Hotel, Kompleks Transmart, Kota Pekanbaru, Riau.

Acara yang ditaja oleh Komisi Informasi (KI) Riau dan Forum Indonesia untuk Transparansi Indonesia (FITRA) Riau Taufik tersebut juga dihadiri oleh Gubernur Riau yang diwakili oleh Kepala Diskominfotik Provinsi Riau Yogi Getri dan Para Kepala Diskominfotik Kab/Kota.

Selain itu, tampak juga dihadiri Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Rokan Hulu Gorneng, S.Sos, M.Si, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP) M. Yudi Arfian, SP, M.Si, Kepala Seksi Komunikasi Publik Masari, S.Ap beserta Staf Kominfo Rino Wahyudi S.Ikom.

Pada kegiatan itu, Ketua Komisioner KI Riau Zufra Irwan Dalam sambutannya mengucapkan Selamat Datang kepada seluruh Undangan yang berasal dari PPID Utama di kabupaten/Kota di Riau. Dikaui Zufra, ada satu poin penting yang ditangkap, bahwa Pemprov Riau ingin mewujudkan teknologi informasi yang memudahkan masyarakat. Sesuai dengan Misi KI Riau, Komit mendorong keterbukaan informasi berbasis teknologi," jelas Zufra

"KI Bersama dengan FITRA Riau komit terhadap Peningkatan Kapasitas PPID di Daerah-daerah, selamat datang perwakilan PPID Kab/Kota Se-Provinsi Riau,” Ujarnya sembari menjelaskan.

Sementara itu, Gubernur Riau yang diwakili oleh Kepala Diskominfotik Riau H. Yogi Getri memberikan Arahan dan dukungannya terhadap Acara PPID yang diikuti oleh Kabupaten/Kota di Provinsi Riau, Diskominfotik Riau Selaku PPID Utama di Riau sangat komit terhadap Keterbukaan Informasi Publik yang menjadi tumpuan dari PPID di Seluruh Provinsi Riau.

"Selaku PPID Utama di Riau, Komitmen kita terhadap Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik sangat kuat, Provinsi Riau juga sudah mempunyai Website Khusus PPID Riau sebagai bentuk berbasis Elektronik,". Ujarnya sambil membuka secara resmi acara Bimtek tersebut.

Ditempat yang sama, Kepala Diskominfo Rokan Hulu Gorneng, S.Sos, M.Si mengatakan bahwa Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan PPID Berbasis Elektronik oleh KI Riau dan FITRA Riau sangat membantu terutama pada PPID di Daerah-daerah Kabupaten/Kota terkait Implementasi Undang-undang KIP.

Karena, Diakui Mantan Camat Tambusai Utara itu, di Rokan Hulu partisipasi masyarakat terkait Permintaan Data dan Informasi di PPID Utama cukup banyak dilihat dari Respon masyarakat/Publik tentang PPID. Melalui kegiatan Bimtek ini demi memperbaharui dan menambah pengetahuan dan pengalaman PPID dalam menyediakan,  menerbitkan dan memberikan pelayanan informasi publik.

“Alhamdulillah PPID Rohul sangat Proaktif dalam Implementasi Undang-undang KIP, dengan mengikuti kegiatan Bimtek yang ditaja KI dan FITRA Riau ini Bukti Komitmen kami untuk selalu mengembangkan Kapasitas Pelayanan PPID sangat antusias, terutama Berbasis Elektronik, dan PPID Utama Kabupaten Rokan Hulu sudah mempunyai Website di alamat http://ppid.rokanhulukab.go.id," Kata Gorneng

Sesi kedua Bimbingan Teknis ditandai dengan Diskusi Panel dengan Narasumber dari Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau Tatang dan dari FITRA Riau Taufik, antusias PPID Kab/Kota tentang Keterbukaan Informasi Publik tersebut masih terfokus pada permintaan Data Informasi oleh Pemohon serta klasifikasi tentang Data Informasi yang terbuka dan yang tergolong dalam Data yang dikecualikan.

Komentar

  1. komentar facebook sedang dipersiapkan